Sang Juara Inobel Dari Indonesia Timur
Resume :
Selasa, 12 Mei 2020
Nara Sumber :
Arif Darmadiansah
Materi : Berbagi Pengalaman Mengenai Inovasi
Pembelajaran
Hari
ini kita bertambah lagi ilmu tentang bagaimana memperoleh juara Inobel di
tingkat nasional. Nara sumber kali ini adalah Pak Arif Darmadiansyah. Seorang
guru biologi aslinya solo, namun mengabdi di Alor Nusa Tenggara Timur.
Beliau
memulai perkuliahan dengan mengharapkan peserta untuk menyimak video youtube
yang sudah di share tentang inovasi yang pernah dilakukan.
1.
https://youtu.be/1tFF7rYt8Z4
Cerita
Mika CD menjadi pemenang 2 inovasi pembelajaran Nasional (2016)
2.
https://youtu.be/-31FLFPoYpY
Cerita
kena bor kaki yang pulang menjadi pemenang pertama inovasi pembelajaran
Nasional (2018)
3.
https://youtu.be/6Hz3Dqar_3g
Senyuman sang mutiara hitam untuk masa depan. Dokumentasi
guru dedikasi untuk negeri menjadi pemenang pertama Guru Dedikasi Nasional
(2019)
Dari Keterbatasan Meraih Prestasi
Pertama
kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. Pengen
membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan. Selain itu kualitas
pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana prasarana yang
mencukupi. Ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi. Kalau saya
jelas banyak masalah. Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa
tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah saya yang tidak ada listrik
dan sinyal telp apalagi internet.Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi
sebuah produk. Bisa media, bahan ajar, atau lainnya. Menuliskannya menjadi
sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi. Karya ilmiah dapat
berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau yang saya buat pengembangan
(R&D).
Ini untuk jenjang dikmen ya bapak ibu karena setiap jenjang
berbeda kaidahnya
untuk dikmen bisa di akses portal: kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan
untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id.
Sedangkan link
kesharlindungnya adalah: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id/&ved=2ahUKEwjnieLbyq3pAhWMf30KHSp1AdgQFjAAegQIBhAD&usg=AOvVaw1mpfWejapwzbEz7nKmAdtc
Proses Lomba Inobel
Pendaftaran
dan seleksinya melewati portal itu. Terbuka untuk semuanya. Ada beberapa syarat
administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan
kepala sekolah, dan lainnya. Tahap pertama seleksi administrasi kemudian
dilakukan penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan
undangan bimtek dari kemendikbud
Setelahnya
melakukan penelitian pelaksanaan di sekolah. Dilakukan seleksi dan didapatkan
peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya
ilmiahnya. Untuk jenjang sma ada 3 bidang SMA, SMK dan sekolah inklusi. Untuk
jenjang dikdas kalau tidak salah langsung mengirim laporan hasil penelitiannya.
Bidangnya ada IPA, soshum dan lainnya. Mohon koreksinya bila salah
Waktu
tahun 2016 diambil 100 peserta yang lolos sebagai finalis. SMA 50 dan SMK 50.
Waktu itu belum ada inklusi
TAHAPAN LOMBA INOBEL
Tahun
2018 format dibedakan kembali. Ada kategori utama bagi peserta yang pernah
juara, madya yang pernah masuk finalis namun belum juara dan pemula bagi yang
pertama kali mengikuti. Tes yang dilakukan saat babak final meliputi tes
tertulis, tes presentasi dan laporan hasil penelitian. Tes tertulis berisi soal
peadagogik pilihan ganda 100 soal. Tahapan lomba inovasi paling tidak seperti
itu bapak ibu, nanti bisa ditambahkan apabila ada yang terlupa. Sekarang
mengenai inovasi yang saya lakukan di sekolah. Sekolah saya di ujung Alor.
Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, Terluar, Terdalam dan ter ter lainnya.
Berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur
leste yang dipisahkan oleh selat. Kami ke Dili lebih dekat daripada ke Kupang bila naik kapal atau pesawat. Minimnya
sarana prasarana membuat kegelisahan dan tantangan untuk berbuat lebih baik. Tahun
2016 itu terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3D. Saya ingin menjelaskan
invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali.
PROSES PEMBUATAN ALAT
Biar
menarik saya coba membuatnya. Pertama terbuat dari mika tutup cd bekas itu,
yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya. Dan HP android sebagai
penayang video atau gambarnya. Mika CD saya dapet dari temen guru, bekas atau
bisa disebut limbah. Namun setelah lolos
masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30ribu seukuran
kertas A4. Tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam. Saya
menggunakan metode pengembangan atau rnd dalam penelitiannya. Setelah produk
jadi saya nilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. Atau layak untuk digunakan
dalam pembelajaran. Setelahnya saya ujicobakan ke anak dan mendiseminasikan ke
teman guru lain Hasil yang didapat minat dan hasil belajar anak meningkat.
Tahun
2018, sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan
apa yang harus dilakukan. Media ini saya kasih millea: mikroskop lensa laser
tenaga surya. Dapet ide juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan. Tidak ada
mikroskop untuk pengamatan. Padahal biologi 40 persen praktek di laboratorium
yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop. Media ini juga sederhana. Hanya
hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk
sorot-sorot itu. Sehingga perbesarannya bertambah. Sudah cukup untuk dapat
melihat struktur anatomi tumbuhan. Walaupun belum maksimal namun ada hal baru
yang anak dapat. Dari 2 ide itu, saya beruntung mendapatkan nomor juara. Mungkin
kasian melihat saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke ibukota untuk belajar.
Dari awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi.
Tahun
2018 yang berencana untuk ikut ambil bagian. Dan sisanya bonus saja.Dapat
berkenalan dengan teman guru se Indonesia. Karena tidak menyangka saja, saya
yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah mereka. Mungkin itu bapak ibu
hebat yang dapat saya bagikan mengenai pengalaman mengikuti lomba inobel. Kurang
lebihnya saya mohon maaf, dan bisa disambung dengan sharing. Saya kembalikan
kembali om bams. Terimakasih. Luar biasa pengalaman yang keren banget pastinya.
P1
Yth.Bpk
Arif
Saya Achmad
Husin dari Bangka .pertanyaan saya.
inovasi pddkn
yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut olimpiade ?....trimkasih Pk.Arif..ats
ilmunya
J1
Terimakasih pak Achmad
dari Bangka. Menurut saya, Bidang inovasi itu banyak sekali pak.
Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti
olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran
mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut. 🙏
P2
Perkenalkan
saya Rachmi dari Banyuwangi, mau tanya utk om Arif...menarik sekali penelitian
karya ilmiah yang dilakukan menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik
sebagai hologram dan millea utk anatomi tumbuhan pengganti mikroskop,
pertanyaan saya 2 ide itu yg akhirnya juara atau yang millea saja? Boleh share
foto media milleanya?
Terima
kasih🙏
P3
Sangat kreatif, memang pantas menjadi juara👏👏👍🏻
P4
Sy, Asfia dari Kudus
Bp. Arif
mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit
utk anak sekolah, terimakasih
J4
Terimakasih ibu Asfia, kimia masih serumpun dengan mapel saya
ibu. dan terkadang saya juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada guru kimia.
Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda ibu. Media yang
saya buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus.
Namun saya melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan
dunia digital. Siswa saya yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa
dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan
sebuah media digital bagi mereka. 🙏
P5
Assalamualaikum
pak Arif,saya Nora dari Semarang,,mohon maaf sebelumnya,,pak Arif apakah
lulusan Unnes? wajah nya sepertinya saya familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
Ada beberapa hal yang saya tanyakan
1. Bagi
guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm
keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak
mempermasalahkan NUPTK?
2. selama
pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH
dan siswa LFH?
3. Untuk
mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah
bagian tumbuhan asli?
J5
terimakasih, salam🙏
Terimakasih ibu Nora.
betul ibu saya lulusan Unnes. dan pernah mengabdi di Sma 14
semarang.
1. Setau saya sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk
ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas
mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar
kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam
pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat
sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika
nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu saya juga
membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih
terbatas pada struktur tumbuhan.
P6
Muh. Said
Makassar
Pertanyaan
:
1.
Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang
mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm
inovasi pembelajaran ?
J6
Terimaksih pak muh Said.
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru
berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya
: Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya
salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa
manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi
P7
selamat
siang
perkenalkan
saya Lya fransiska dari Bali,
saya ingin
bertanya dalam pembuatan karya inovasi seperti yang Anda telah lakukan biasanya
kendala apa yang paling anda rasakan dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah
karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau
karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi semua kemampuan peserta didik???
terimakasih
🙏
J7
Terimakasih ibu Lya.
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan
harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang
dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita
tulis. Dalam media yang saya buat tidak bisa menaungi semua kemampuan. 🙏
P8
Selamat
siang saya Ni Kadek Sumertini dari SLB N 1 Buleleng Bali,,
Sangat
menarik sekali karya inovasi yang dishare,,pertanyaan saya: Karya inovasi itu
ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan
karya inovasi ya?
Terima
kasih
J8
Baik terimakasih ibu Ni Kadek.
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun ibu.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian
Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK
atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita
tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan
sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya
ilmiah. 🙏😊 N
P9
Selamat
siang Perkenalkan saya putrin dari Blitar mau tanya dan ingin mengeri tentang
langkah awal dan cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak.
Terimakasih.
J9
Terimakasih ibu putrin.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat
kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta
kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang
dipresentasikan dewan juri. Insyaallah saya cari terlebih dahulu. 🙏😊
P10
Saya Sri
Budi Handayani dari Gresik mau bertanya
Sebelumnya
saya mengucapkan selamat atas prestasi
yang sudah diraih Bapak.
Apakah
Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer?
Gr itu
singkatan apa Pak.Maaf
Di belakang
nama Bapak.
J10
terimakasih ibu Sri.
Gr itu gelar yang diberikan setelah mengikuti Pendidikan
Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di sertifikat pendidik. 🙏😊N
P11
Assalamualaikum
Pak Arif, sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, bs sharing ke kami
pak...apa kriteria utama penilaian dewan
juri terhadap sebuah karya inobel? Trmksh🙏
J11
Maaf terlewat. saya guru biologi saja ibu namun suka
komputer. 🙏😊
Terimakasih pak Candra, instrumennya banyak. nanti saya
share ya pak. Namun yang utama untuk produknya orisinal atau keterbaruan,
kebermanfaatan atau dampak, mudah ditiru atau digunakan. 🙏N
P12
Ass. Wr. Wb
Selamat
siang Pak Arif D
Bagaimana
minat dan hasil anak sebelum menemukan alat ( karya inovatif) Apakah ada ide
lain untuk mrngembangkan karya itu.
Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga membuat karya inovatif yg juga
memilili manfaat untuk anak2).
Rifatun
Salatiga JawaTengah
Terimakasih
J12
Wassalamualaikum.
Terimakasih ibu Rifatun.
Hasilnya minat anak naik signifikan ibu, saya membawa
produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada
hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil
belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an
meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk
mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan. Untuk guru
kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada 15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak.
Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya saya ajak teman guru untuk ikut
bergabung dan mengembangkan kelasnya. 🙏😊N
P13
Assalamualaikum.....saya
ika siswati dari kota tangerang mau menanyakan.....dari dua narasumber yang
dihadirkan yang kemarin bp. tri agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. .
Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan
antara media/ alat peraga dengan teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria
pembuatan inobel untuk tingkat nasional pak?
J13
Wassalamualaikum.
Terimaksih ibu Ika.
Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara ibu.
Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya.
Nanti setelah selesai saya bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan dan
formatnya 🙏😊 N
P14
Selamat
sore pak, sesuai pengalaman bapak, metode apa yang paling dominan bapak gunakan
dalam proses belajar? Apa alasan bapak menggunakan metode tsb? Tks. Yulius
Roma-Tana Toraja.
J14
Selamat sore Pak Yulius, terimakasih.
yang paling dominan sya menggunakan metode diskusi,
pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek based learning
atau Problem based learning. Alasannya kedua model tersebut dapat menggali
kemampuan siswa secara sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.🙏😊 N
P15
Yth. Om
Arif. Pekenalkan nama saya Nurhaida dr Riau. Bagaimana cara memotivasi siswa yg
lebih suka membantu ortunya dikebun karet dari pada kesekolah. Ada juga murid
yg suka mengganggu temannya. Sepertinya hrs sekolah ke slb. Tapi di tempat saya
belum ada sekolah slb. Saya kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.
J15
terimakasih ibu nurhaida.
Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih suka anaknya bekerja
diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil. yang pernah kami lakukan adalah visit home
ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal
sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang
berkebutuhan khusus harua mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya
ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga saya belum punya
pengalaman.
Bekasi, 12 Mei 2020
Yan Supyanto

Komentar