Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
Resume : Senin, 18 Mei 2020
Oleh : Supyanto
Materi : Menciptakan Pola Belajar yang Efektif dari Rumah
Berbicara masalah pembelajaran tidak akan habis-habisnya mengapa? Karena selagi masih ada proses kehidupan, disitulah terjadi proses belajar dan pembelajaran. Lantas bagaimana pembelajaran selama virus corona menyerang tanah air tercinta? Pembelajaran harus terus berjalan, walau seribu hambatan dan tantangan menghadang. Proses pembelajaran tidak boleh terhenti karena ada gangguan. Berbagai strategi dan pendekatan dicari untuk menemukan solusi. Solusi terbaik yang didaulat untuk menggantikan pembelajaran tatp muka adalah pembelajaran online atau daring.
Seberapa jauh efektivitas pembelajaran daring dari rumah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak penjelasan ahli pendidikan jarak jauh. Orang lebih mengenalnya dengan sebutan Omjay. Seorang guru Labshool Jakarta yang telah banyak berkecimpung dalam dunia peembelajaran online. Bahkan orang lebih mengenalnya sebagai seorang Guru Blogger, dibanding sebagai guru SMP.
Kepada Omjay kami persilahkan!
Omjay mulai membuka pembelajaran online bagi para guru yang sedang belajar menulis bersama beliau. Beliau menyapa pemirsa dengan mengucap:
Assalamu alaikum Warahmatullahi wabaraktuh. Selamat siang guru guru hebat Indonesia. Siang ini omjay akan berbagi pengalaman dalam menciptakan pola pembelajaran yang fektif dari rumah
Berikut ini omjay beri contoh pembelajar dari rumah: https://www.youtube.com/watch?v=cZa4hHQf3nk
Silahkan ditonton dulu, dan berikan komentarnya: https://www.youtube.com/watch?v=wPGkmJnss90
Selanjutnya Omjay, melanjutkan pembicaraannya dengan mengenalkan bahwa proses pembelajaran itu harus berjalan dan berlangsung dalam situasi bagaimanapun. Begitu juga pembelajaran dari rumah harus belajar efektif. Belajar dari rumah bisa efektif apabila akses internetnya lancar. Kalau jaringan internetnya lancar maka pembelajaran menjadi menyenangkan, tapi kalau tidak akan menegangkan. Beliau mencontohkan anaknya sendiri yang sedang belajar dari rumah. “Saya pernah melihat anak saya, ketika internet mati tiba-tiba akibatnya pembelajarannya awalnya menyenangkan menjadi menegangkan”.
Selanjutnya beliau melanjutkan pembeicaraan dengan mengupas tuntas pengertian pola belajar efektif dari runah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 885) pola adalah suatu system kerja atau carakerja sesuatu. Sedangkan menurut Kamus antropologi, pola adalah rangkaian unsur-unsur yang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contoh dalam menggambar atau mendeskrifsikan gejala itu sendiri (Suyoto, 1985: 327).
Belajar adalah suatu proses perubahan kepribadian seseorang dimana perubahan tersebut dalam bentuk peningkatan prilaku, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan, daya pikir, pemahaman, sikap, dan berbagai kemampuan lainnya. Menurut Skiner, pengertian belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlaku secara progresif. Sedangkan C.T Morgan mendefinisikan belajar adalah suatu perubahan yang relative dalam menetapkan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman yang telah lalu
Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan. Pengertian efektif merupakan suatu usaha yang dilakukan secara maksimal sesuai yang diharapkan, selain itu efektif juga bisa diartikan sebagai salah satu usaha yang tidak pernah lelah sebelum harapan yang di inginkan belum tercapai. Sementara rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menepati rumah tersebut.
Berdasarkan definisi-definisi diatas pola Belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat di gunakan untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.
Dengan demikian peserta didik yang melakukan pola belajar efektif dari rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan, penjadwalan yang berlangsung terus menerus di dalam rumah. Jawal ini harus di ikuti secara konsisten, disiplin dan terjadwal. Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana pembelajaran yang membuat nyaman bagi peserta didik.
Penjadwalan kegiatan dapat di buat sebagai patokan untuk melakun kegiatan belajar misalnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai ke tidur lagi.
Kalau anak-anak kita sudah terbiasa membuat jadwal pembelajaran dari rumah seperti halnya kegiatan lainnya, maka mereka dilatih untuk mandiri mencoba mencari sendiri pengetahuan pengetahuan yang mereka dapatkan dari internet. Dalam hal ini orang tua yang selalu mengawasi anak-anaknya dan juga memantau dari rumah masing-masing.
Dalam hal ini guru dan orang tua harus kerjasama untuk mengawasi pola pembelajaran anaknya. Jadwal belajar harus terpola sedemikian rupa, sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan konsisten setiap harinya. Dengan demikian siswa akan terbiasa belajar dengan pola yang sudah dijadwalkan. Sehingga akan terjadi perubahan perilaku peserta didik yang akan mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan. Inilah yang disebut dengan belajar rumah yang efektif dan menyenangkan.
Contoh pembelajaran jarak jauh di SMP Labschoool Jakarta
Contoh pembelajaran jarak jauh yang terjadwal
![]() |
| Tambahkan teks |
berikut ini contoh pembelajaran di kelas omjay, https://www.youtube.com/watch?v=rLoXIASMKjQ&t=1811s
Prinsip yang harus diperhatikan dalam menciptakan pola pembalajar dari rumah adalah kegiatan pembelajaran harus menyenangkan semua. Siswa senang, orang tua senang dan gurunya juga senang. Akses internet lancar, dan guru bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sesuai dengan kondisi siswa di rumah.
Gunakan teknologi yang ada untuk menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Bila adanya hanya WA Group, gunakan WA Group tersebut dengan memadukan antara teks, foto dan video.
saya menyarankan bapak ibu untuk melejitkan keterampilan menulis iswa lewat blog di internet. Sebab siswa dapat belajar menulis secara online melalui blognya masing-masing.
Siswa dibiasakan untuk menulis apa yang ingin disampaikannya, dengan begitu bukan hanya lisan saja yang terlatih, tapi juga tulisan.
Berikut ini omjay contohkan PJJ sekolah dasar,
https://www.youtube.com/watch?v=9uvfiZuh9vs
Kesimpulan materi hari ini adalah dalam menciptakan pola pembelajaran efektif dari rumah, guru harus mempunyai peta kelas atau kondisi siswa di rumah dan disesuaikan dengan kondisi guru di rumah. Artinya, komunikasi guru dan siswa dari rumah masing-masing harus membuat mereka saling berinteraksi dan berdiskusi sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Semua itu bisa dilakukan bila kegiatan Pembelajaran jarak jauh dibuat secara terjadwal. Kegiatan harus membuat siswa menjadi mandiri dan menemukan kemerdekaan belajarnya.
Semoga materi yang omjay sampaikan siang ini bermanfaat buat kawan kawan semua.
Demikianlah materi yang disampaikan Omjay, singkat padat dan mengena kepada sasaran yaitu pola belajar yang efektif dari rumah. Acara dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab yang dipandu oleh moderator andalan kita yaitu Mr. BamS. Bila ada yang ingin ditanyakan, kita bisa diskusi melalui WA Group ini.
P1
Assalamualaikum
Izin bertanya tentang pembelajaran yang efektif dari rumah
Jadwal belajarnya di tentukan oleh guru berdasarkan jadwal pelajaran seperti hari-hari biasa atau kah di rubah?..
Pembelajaran nya lebih menekankan kepada pembentukan karakter mandiri YG berefek pada keseharian siswa? Lalu untuk pencapaian ranah kognitif nya dapat kita ukur dalam satu hari satu mapel atau bgm untuk jenjang SD.
TERIMAKASIH ATAS JAWABANNYA
J1
Walaikum salam, jadwal jelas harus berubah, tdk sma dengan tatap muka di sekolah, pembelajaran lebih kepada 3 hal yaitu literasi, numerasi, karakter dengan emmadukan iptek dan imtak
untuk peneilian guru dpatmelakukan penilaian berbasis proyek atau potofolio, disesuaikan dgn kondisi murid sd
P2
Asw Om Jay, sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, mnrut Om, mngkin tidak bila sistem pembelajaran daring nntinya bl frasa siswa atau guru lbih nyaman..akan mmberi efek pada pmbljrn konvensional yg lazim kt lksnkn sblm wabah Corona terjadi? Klw mmg ada efek tdk baiknya, apa kira2 lngkah yg bs kt lakukn Om? Trmksh
J2
walaikum salam candra, mungkin nanti akan terjadi pembelajaran blended learning, ada tatap muka di kelas dan ada tatap muka di dunia maya, oleh karena itu guru harus belajar sepanjang hayat supaya tdk tergantikan oleh teknologi modern
P3
Untuk keberhasilan pembelajaran daring yang efektif kepada siswa yang terkendala tidak memiliki HP atau jaringan yang lemot bgm solusinya?
J3
solusinya gunakan teknologi yg ada. kalau yg ada kertas atau buku, maka gunakan itu, sebab mau tdk mau, suka atau tdk suka, siswa dan guru akan dipaksa menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan SDM unggul
P4
Assalamu 'alaikum wr.wb.
Om Jay, selama BDR ini, disekolah kami melaksanakan pembelajaran melalui group WA.
Di akhir pertemuan, guru memberi tugas sbg instrumen penilaian. Namun sayang, ternyata yg mengumpulkan tugas hanya maksimal 75% siswa saja.
Bagaimanakah cara yg bisa kita tempuh agar siswa juga aktif mengumpulkan tugas tsb?
Terima kasih.
Wiji - malang
J4
walaikum salam, jangan dipaksa, biarkan mereka mengerjakan tugasnya dngan sukarela. Kita cukup mengingatkan saja bila ada murid atau siswa yg belum mengumpulkan tugasnya, ortu harus diberitahu karena kerjasama guru dan ortu sangat penting dalam pembelajaran yg efektif dari rumah
P5
Assalamualaikum. Safitri-Purbalingga ..
Izin bertanya..
1. Bagaimana cara mengatasi pembelajaran apabila anak-anak memiliki minim sarana daring ?
2. Untuk anak TK pembelajaran yang dinilai adalah proses bukan tergantung hasil. Sementara kadang anak tidak mau mengirimkan tugas misalnya merekam hafalannya.bercerita dan mengerjakan tugasnya.
Bagaimana menilainya untuk ditulis di Rapot?
Terima kasih
J5
Harus sabar dan gunakan fasilitas yg ada, ingatlah film laskar pelangi, ditengah keterbatasan, justru bu muslimah bisa melahirkan anak anak yg hebat dan bisa berkeliling dunia.
Hal itu juga kami alami, jadi tetap sabar menunggu mereka menyelesaikan tugasny bukan sebagai beban tapi sebagai kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengetahuan. Tetap komunikasi dgn orang tua siswa.
P6
Asskm.
Saya wahyu susilowati dr Sidoarjo.
Mengajukan pertanyaan :
1. Bagaimana penilaian siswa yg tidak aktif dikarenakan beberapa kendala dalam pembelajaran daring untuk saat ini walaupun sudah terjadwal?
2. Penilaian yg tepat untuk pembelajaran daring seperti ini yg cocok itu seperti ap? Mengingat pak menteri pernah mengatakan jika pembejaran daring ini tidak boleh dimasukkan dalam penambahan penilaian pada erapor.
J6.
Dicatat, kemudian diberikan surat teguran dari sekolah, kemudian dicaritahu apa masalahnya. Sebab bisa jadi ada masalah serius di keluarga siswa, seperti ortunya kena phk, atau sakit, dll.
Kalau masalah cocok itu reltif karena kondisinya tidak sama di setiap daerah. Guru dapat melakukan inovasi sendiri sesuai dengan pencapaian siswa, anda bisa memba kembali artikel yg saya bagikan di atas, https://www.kompasiana.com/isardasukitasim/5ead48f5d541df3a7323d8e5/menciptakan-belajar-efektif-dari-rumah?page=4
P6
Assalamu'alaikum om jay.. Saya sumarjiyati dr GK.
Dalam menciptakan pola belajar yg efektif dr rumah itu.kita sdh mmbuat jadwal dan berharap siswa jg bs mlksanakn. Pmbjran sesuai jadwal tersebut.tp pd knyataan yg kmi alami d sekolah kami.ada sbgian siswa yg kurang mmperhtikan shingga dpt mnghmbat klncaran proses pmbljran sesuai jadwal yg d smpikan. Bgamana sikap kita untuk hal tersebut om.. Mengingat siswa blm bisa mngikuti pmljaran sesuai jadwal sec. konsisten.. .bnyk dr para wali siswa mngeluhkan untuk pmbelajaran dr rumah ini siswa tdk menurut kata ortu.shingga tgs2 yg d brikn tdk dpt trselesaikan dg cepat.akhirnya pmbjran ini di rasa tdk efektif.
Bagmna tindakn kita sbgi guru. Mngingat peserta didik kmi msh pd kelas rendah( SD)
Terimakasi..
J6
Terimakasi.. Guru harus melakukan evaluasi dan refleksi diri, mungkin ada yg kurang tepat disampaikan kpd murid. Kolaborasi guru sangatpenting dalam memecahkan masalah ini, oleh karena itu komunikasi dgn teman sejawat sangat diperlukan dalam menciptkan pola pembelajaran yg efektif dari rumah. Pembelajaran jarak jauh harus membuat murid dekat dengan gurunya, bukan justru menjauhkan murid dengan guru. Perlu ada komunikasi dengan org tuas murid yg terus menerus
P7
Assalamu'alaikum
Terima kasih atas bimbingan nya Om Jay.
Saya Suminar dari Tangerang.
Izin bertanya. Apakah ada kendala yang dialami dalam PJJ selain jaringan internet, dan mohon arahnya dalam mengatasi nya?
Terima kasih
J7
Pasti ada, bukan hanya akses internet tapi juga fasilitas yg dimiliki siswa dan guru di rumah. Kalau akses internet tdk ada gunakan teknologi yg ada di sana, misalhnya cuma ada sms, belum ada wa, siswa punya hp tapi tanpa kamera, maka telpon lsg adalah solusinya walaupun guru harus keluar biaya pulsa cukup besar. Jadi setiap guru akan mengalami hal yg bergam, inilah dinamikannya dan jangan lupa pengalaman kita dituliskan di blog sehinga dpt menginspirasi guru lainny
Terima kasih
P8
Keluhan siswa tidak konsisten guru menggunakan aplikasi, sehingga selain harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi juga terlalu banyak kapasitas penyimpanan data yg terpakai.
Berdasarkan pengalaman aplikasi yg paling cocok, mudah, dan efektif yg mana?
Rusmin, Kab. Barito Kuala KALSEL
J8
saat ini menggunakan aplikasi zoom dan anak anak suka, walaupun ada aplikasi yg lain, tapi berdasarkan pengalaman pakai zoom itu murah dan mudah cara pemakaiannya
P9
Muh. Said
Makassar
Terima kasih penjelasan Omjay tentang pola belajar efektif dirumah.
Pertanyaan ;
1. Disekolah saya masih banyak siswa belum punya HP Android.
2. Ada yg punya HP tapi alasan tidak mampu beli kuota.
3. Pembelajaran dirumah terjadwal. Bagaimana trik/solusi guru dlm menghadapi siswa seperti ini ?
J 9
Gunakan hp yg ada dulu, dan sederhana saja, buat modul khusus untuk kondisi seperti ini dengan penugasan yg tak terlalu sulit.
Kalau ini guru harus coba cari donatur atau sponsor, peran komite sekolah harus diperdayakan sehingga guru terbantu dengan adanya komite sekolah
P10
Selamt Sore Om Jay. Saya Komang Eli Mahayani dr Negara-Bali. Yang saya alami saat masa pandemi ini sungguh dilematis. Dg zonasi sklh kmi dg siswa2 tinggl di daerah terpelosok dan kondisi ekonomi siswa kami. Ini kendala besar pembeljrn secara daring yg dilakukan. Adakah solusi menarik utk ttp menciptkn belajar efektif dirumah dg menyenangkn. Terimakasih
J10
Kondisi seperti ini sebenarnya bukan hal baru buat Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kreativitas dan inovasi guru sangat diperlukan dalam memberikan solusi dari masalah yg dihadapi. Bila pembelajaran jarak jauh tdk bisa dilaksanakan, maka gunakan pembelajaran jarak dekat, guru bisa mengunjungi rumah muridnya bila alat komunikasi tdk ada. memang dibutuhkan pengorbanan luar biasa untuk menjadi guru ta…
P11
Assalamu'alaikum...
Om Jay yg kmi hormati...
Izin bertanya...
BDR kami sebagian besar melalui WA G,kendala BDR kami sinyal lemah dan guru belum punya laptop yg mdukung,bagaimana solusi BDR yg efektif dan berapa prosentase pembagian materi pembelajaran antara imtaq n iptek agar tujuan pembentukan karakter peserta didik tercapai?
Terimakasih
Sri Yatun- Gunungkidul
J11
pakai wa juga efektif kok, buktinya omjay gunakan WA Group untuk belajar menulis dan murah biayanya.
P12
Siti Fatimah Mojokerto
Namun pembelajaran online ada plus minusnya. Terutama pada penggunaan kuota internet. Dengan pola on off bisa membantu pelaksanaan belajar . Yang saya tanyakan Adakah pola lain yg lebih hemat di era pandemi ini bapak?
Mengingat ekonomi rakyat sedang terpuruk.
J12
Gunakan wa group atau line group
saya sering menggunakannya dengan bentuk teks, karena bentuk teks ini tdk makan kuota banyak
P13
Apakah dengan penjadwalan belajar siswa yg sdh dirancang sedemikian rupa oleh guru dan bekerja sama dg orang tua ini menunjukkan setiap siswa memiliki jadwal yg berbeda2. Apakah maknanya sudah mengorganisir semua mapel yg ada pada kurikulum ? Dan apakah penjadwalan ini bisa memfasilitasi setiap siswa yg memiliki kemampuan belajar yg berbeda misalnya ada siswa yg lebih condok ke tipe pembelajar visual, kinestetik, naturalis dll
Terimakasih
Fitriani (MAN IC Tanah Laut)
J13
setiap penjadwalan disesuaikan dengan kesepakatan guru di sekolah tsb dengan memeprhatikan gaya belajar siswa
P14
Om Jay ...saya mau bertanya tentang pembelajaran daring dari rumah dikaitkan dengan kenaikan kelas apakah cukup dari nilai daring atau bgmana karena tatap muka juga tidak pernah...mohon pencerahannya
Terimakasih
Maaf saya Rachmi dari banyuwangi
J14
Ibu Rachmi yg baik, penilaian hanya guru yg bersangkutan yg lebih tahu, kalau dirasa dengan online sdh cukup nilainya, maka gunakan itu, tapi bila blm cukup bisa gunakan waktu eremedial melalui online. hal itu saya lakukan bila ada nilai siswa yg kurang dgn menghubungi wali kela dan orang tua siswa, biasanya kami rapat dengan dewan guru untuk memberikan solusi terbaik buat siswa yang jarang hadir.
Semoga sdh cukup pertanyaannya
Waktu sudah 15.03, saya mengucapkan terima kasih untuk Omjay yang luar biasa di siang hari ini.
Bagi pertanyaan yang tidak bisa terjawab langsung saja japri.
Mohon maaf apabila ada kekurangan.
Terima Kasih
Wasalamualaikum w.w.
Bekasi, 18 Mei 2020
Yan Supyanto




Komentar