STRATEGI PEMASARAN BUKU MENJADI BEST SELLER
Memiliki sebuah buku karangan sendiri adalah impian
bagi setiap orang. Apalagi kalau buku tersebut laku di pasaran. Lebih-lebih
menjadi buku best seller. Hal ini bisa menjadi kebanggaan dan kebahagiaan
tersendiri bagi penulisnya. Bahagia secara lahir maupun secara bathin. Secara lahir, tentunya akan
mendatangkan tambahan penghasilan. Dan secara bathin akan mendapatkan kepuasan
tersendiri.
Kenyataan di lapangan, ternyata tidak semudah
membalikkan telapak tangan. Untuk membuat bukunya laku dipasaran perlu
perjuangan, perlu pengetahuan dan perlu wawasan. Banyak penulis buku, yang hasil
karyanya hanya dinikmati oleh kalangan terbatas. Bahkan ada yang tidak laku di
pasaran. Selain sudah biaya sendiri, eh….bukunya tidak bisa dinikmati banyak orang.
Tentu kita tak mengharapkan hal itu terjadi. Apalagi
sebagai penulis pemula. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu diperlukan
strategi atau Tips Bagaimana agar buku yang anda miliki dikenal, dan laku di pasaran
bahkan menjadi best seller. Anda
perlu membaca ulasan berikut bersama ahli pemasaran buku dari penerbit Andi
Yogyakarta. Identitas beliau secara lengkap sebagai berikut:
Nama :
Agust. Subardana, S.E., M.M.
Jabatan : Director of Marketing Andi Publisher
Tempat /Tgl Lahir :
Yogyakarta, 11-09-1973
Status : Menikah
Istri : Retno Th.
Anak :
1.
Herjuna S.
2.
P. Tanusaputra
Hobby : Membaca ,
dan Marketing.
Hp / w.a : 08112936680
Pendidikan
1.
S1 Management, Universitas Mercu Buana Yogyakarta 1998
2.
S2 Magister Management Merketing , Fak .
Ekonomi Universitas Satya Negara Jakarta
2012
Riwayat Pekerjaan
1.
Sekretaris Umum Pusat Pelayanan Usaha Kecil
dan Menengah (PPUKM) se-DIY 1997 -1999
2.
Supervisor Madical Representative PT.
Metiska Farma Jakarta 1999 -2003
3.
Area Manager Marketing PT. Dobeli Jakarta
2003 -2005
4.
Manager Marketing Penerbit ANDI OFFSET
Yogyakarta 2005 – 2012
5.
Direktur Marketing Penerbit ANDI OFFSET
Yogyakarta 2013 – sekarang
6.
Dosen kelas Malam (18.00 s.d 22.00 wib)
STIE Wiyata Mandala 2014 – 2018
a.
Understanding Business
b.
Brand Management
c.
Integrated Communication Marketing (IMC)
Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan
sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak–
anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku.
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah
kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang
diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi
beberapa kegiatan bisnis. Sehingga
strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi:
1.
Faktor
Mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
Makro, yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan
Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah
menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi
32 katagori.
Dua strategi
pemasaran yaitu Strategi Pemasaran
Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan
berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi
tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut:
A.
Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara
a.
Pemasaran
buku lewat Online
Saat ini yang
sedang ngetren dan gencar di dunia maya yaitu Strategi Pemasaran yang banyak di
pakai oleh setiap orang yang sudah mengerti teknologi internet yaitu berpromosi
lewat Online melalui website dan media sosial lainya. Kalau kita sudah
mempunyai produk buku yang jenis katagorinya banyak maka langkah awal kita harus buat website. Katakanlah website merupakan markas besar
untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan mempunyai website ini kita dapat
merencanakan promosi dalam melancarkan penjualan buku. Dan website tersebut akan
banyak kita isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain
sebagainya.
Untuk penjualan
buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya
kita dapat:
-
Menyebarkan informasi produk secara masif
kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi
pasar lagi lesu
-
Menaikan penjualan dan profit
-
Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-
Mengubah tingkah laku , persepsi dan
pendapat konsumen
Media Online yang
dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku yaitu sudah tidak asing
lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat telepon, w.a, sms, email, dll.
b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya
komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk
komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana
promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
B.
Strategi
pemasaran buku serangan Darat
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku, kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi
telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga
pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan
berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain:
1.
Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu
memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri, sebagian besar
sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok
rutin di toko buku maka kita perlu
pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan
jenis toko buku tersebut, hal ini dikarenakan
Untuk itu saluran toko buku
tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku
Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain:
-
Menguasai
display buku, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
-
Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-
Mengadakan Bedah
Buku, Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event
tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM, dll )
-
Dan masih banyak
lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya
kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2.
Directselling
Pemasaran Buku melalui
Direkselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
-
Buku Pendidikan
(Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA,
SMK).
-
Buku Teks
Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
-
Buku Referensi
untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori
tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan
pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).
Tugas Tenaga Penjual / sales
tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing
yang bertugas:
-
Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
-
Kunjungan langsung
ke setiap kampus
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
- Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3. Melakukan
Event – Event
Aktive dalam melakukan event –
event seperti event Pameran buku, dalam
seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Peran
Penulis Dalam Mempromosikan Buku:
Selain itu dalam mepromosikan buku kita harus kita
proaktive promosi produk lewat online maka dapat mengubah tingkah laku, persepsi dan pendapat konsumen. Dalam arti
dgn kita terus promosi maka konsumen tersebut yg tadi nya tidak respon terhadap
produk tersebut dapat mengubah perilaku, persepsi (pola pikir) untuk
tertarik membeli produk yg kita tawarkan/promosikan sehingga mengubah
pendapatnya untuk mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.
Strategi yg dapat di lakukan antara penulis dan penerbit
yaitu
- Melakukan Takshow Bedah Buku secara periodik.
- Sama2 mempromosikan bukunya
- Penulis dapat membantu menjualkan bukunya dan pihak
Penerbit akan memberikan Rabat buat penulis.
Pengalaman saya dengan sumber daya yg memadai maka
strategi yg kami pakai dari paparan materi saya tersebut saya pakai semuanya...
Karena kami sebagai Industri Penerbitan buku harus terus dapat profit dan terus
mengembangkan pasar.
Waktu yg di butuhkan untuk menjadi buku best seller
rata2 4-6 bulan, dan moment jual buku tersebut.
Contohnya kalau menerbitkan buku pelajaran maka
moment jual yg tepat saat antara Mei s.d Agustus.
Saat ini sedang wabah corona , kita lakukan pemasaran
lewat online... Dan event2 lewat online juga. Sementara event2 yang sifatnya berkumpul dan
tatap muka sementara kita tiadakan. Kita berdoa bersama semoga wabah corona
segera berakhir.
Bpk bisa lakukan maka gunakanlah jaringan komunitas
Bpk untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas Bpk .
Perbedaan
buku yang diterbitkan penerbit mayor dan Pribadi
Kalau buku Bpk diterbitkan oleh penerbit Mayor, tentunya pihak penerbit yang akan memasarkan
dgn strategi pemasaran masing2 penerbit.
Biasanya pihak penulis diharapkan juga berperan
mempromosikan bukunya lewat komunitas penulisnya.
Kalau bukunya diterbitkan secara Pribadi dgn mengeluarkan
modal penulis pribadi maka penulis tersebut harus mengerti dan menguasai
strategi pemasaran bukunya.
Penerbit menilai naskah dari berbagai aspek:
Aspek Ideologis
Apakah topik bertentangan dengan UUD 1945 dan
Pancasila, apakah topiknya akan meresahkan kondisi masyarakat seperti: politik,
hankam, sara, sopan santun, harga diri, dll.
Aspek Keilmuan:
§ Apakah topik yang dibahas merupakan topik baru bagi
masyarakat, dan apakah masyarakat sudah siap menerima topik tersebut?
§ Apakah naskah tersebut gagasan asli atau jiplakan?
§ Terkait dengan akurasi data maka diperlukan sumber
daftar pustaka yang lengkap.
Aspek Penyajian:
§ Apakah sistematika kerangka pemikiran baik sehingga
alur logika pemaparan mudah dipahami?
§ Bahasa yang digunakan apakah komunikatif sesuai
dengan jenis naskah dan sasaran pembaca?
§ Apakah cara penulisannya sudah benar…
Teknik strategi pemasaran buku yg lebih sederhana
yaitu melakukan pemasaran langsung lewat komunitas dan relasi penulisnya.
Caranya:
- Fokus pada pengisahan cerita, bukan pada fitur
produk.Tanpa cerita yang bagus, produk kita tidak akan memiliki nilai inheren
atau emosional bagi pelanggan. Terkadang, manusia itu lebih cepat memberi
respons saat diberi cerita. Bila suatu merek memberi kesan mendalam bagi
konsumen, maka hal tersebut akan berdampak pada perilaku belanja konsumen.
- Beri nilai tambah produk agar makin disukai
konsumen
Ketika membentuk citra merek, sebaiknya konten yang
di buat harus fokus pada hal yang dapat membangun hubungan dan membantu
konsumen membuat keputusan yang tepat dan matang. Dengan begitu, ketika mereka
memilih produk kita itu karena produk kita yang paling sesuai dengan kebutuhan.
Hal ini akan berdampak pada hubungan yang lebih ku…
Ukuran Buku
dan Area Cetak
Setelah Bpk menentukan sistematika penulisan buku,
hal penting berikutnya adalah format buku yang akan di tulis. Format buku
terdiri dari beberapa ukuran yaitu ukuran besar, standar, kecil, atau buku saku
serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh terhadap ketebalan
buku dan kedalaman materi yang Anda inginkan.
Format buku di Penerbit Andi:
Format Besar : 20 cm x 28 cm, 21,5 cm x 15,5 cm
Format Standar : 16 cm x 23 cm, 11,5 cm x 17,5 cm
Format Kecil : 14 cm x 21 cm, 10 cm x 16 cm
Buku Saku : 10 cm x 18 cm, 13,5 cm x 7,5 cm
Format Khusus
Kesimpulan:
Bahwa Strategi pemasaran ..saya ibaratkan sebuah seni
berkreasi, berinovasi, berkreatifitas, dan terus mengembangkan ide idenya. Maka dari
itu materi yang saya sampaikan ini tentang Strategi Pemasaran buku tentu akan
terus berinovasi mengikuti perkembangan pasar.
Wah luar biasa, itulah materi yang disampaikan oleh pak
Agus Suabrdana. Bagi para audien yang penasaran bisa menguhungi beliau lewat nomor
pesawat telepon dan website berikut:
HP. 0811-2936-680
BEKASI, 23 APRIL 2020
YAN SUPYANTO

Komentar