MENULIS MOMEN SPESIAL KALA PEMBELAJARAN


Materi malam ini adalah “Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar" Nara sumber yang akan memberikan adalah bapak Munif Chotib penulis buku best seller Gurunya Manusia dan juga pembicara nasional yang sangat berpengalaman.

Assalamulaikum Wr. Wb dan selamat malam teman2. Perkenalkan saya Munif Chatib narsum malam ini. Saya akan share materi saya lewat link youtube, https://youtu.be/tGJsRRQrV0 selama 13 menit.
Dapat disimak terlebih dahulu. Saya juga akan share pdf contoh artikel bebas momen spesial.
Itulah kalimat pembuka dari beliau:

MENULIS MOMEN SPESIAL

Apa itu Momen Spesial?
Pada awal materi yang ada di chanel youtube beliau menyampaikan tentang pengertian momen special. Momen Spesial menurut Munif Chatib adalah kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik didalam maupun diluar kelas. Momen special ini dapat masuk dalam memori jangka panjang. Memori jangka panjang yaitu memori yang tidak akan terlupakan dalam seumur hidup seseorang.

Tiga hal besar yang meliputi momen special. Hal tersebut adalah:
1.     Perubahan motivasi. Artinya siswa yang semula tidak minat dalam pembelajaran, namun setelah mendapat motivasi dari guru atau lingkungan sekitarnya, maka siswa tersebut menjadi berminat untuk mengikutinya.
2.     Perubahan kemampuan. Artinya siswa yang semula tidak mampu menjadi mampu/ bisa.
3.     Perubahan sikap. Artinya siswa yang awalnya tidak rajin, tidak disiplin tapi berubah menjadi rajin.

Saat kita mengajar, kita tidak akan lari dalam tiga kemungkinan. Kemunginan tersebut ada dalam proses pembelajaran. Yaitu pada pembukaan, isi, dan penutup. Tiga tahapan ini memiliki potensi dalam memberikan momen special. Momen special ini dapat tercipta ketika kita dapat peka. Misalnya saja saat mengajar, kita peka terhadap momen special maka itu luarbiasa akan ada di memori kita sampai akhir hayat.

Mengapa Momen Special Harus Ditulis?
Ada tiga hal penting yang melatarbelakanginya. Hal tersebut adalah:
1.    Pembaca tak akan lupa seumur hidup, sebab masuk memori jangka panjang. Sayang jika ada potensi bacaan yang akan masuk sebagai memori jangka panjang, tapi pembaca tidak menulisnya.
2.    Potensi menjadi tulisan yang dibaca, dikenang, dibagi, dan dicari. Artinya penulis yang baik adalah memiliki prinsip ini. Dapat dibaca orang lain, dapat dibagi melewati buku ataupun media social, dan tulisan kita adalah tulisan yang dicari orang lain.
3.    Mudah ditulis dengan artikel bebas. Artinya artikel yang ditulis tidak terikat dengan aturan artikel ilmiah.

Mengapa Memori Special Masuk Ke Memori Jangka Panjang?
Ada 5 pintu pembuka.
1.  First experience. Apapun kejadian atau pengalaman pertama pada siswa, itu menjadi memori jangka panjang. Misalnya semua pengalaman kita tentang apa saja pasti kita tidak akan lupa sampai saat ini.
2.  Relevance. Relevance adalah kejadian-kejadian yang berhubungan antara topic materi dengan kondisi siswa. Jadi antara materi dan keadaan siswa sangat berhubungan erat. Misalnya saja materi yang kita sampaikan berbeda bahkan tidak sesuai dengan kondisi siswa, maka kejadian atau materi itu langsung dilupakan. 
3.     Rehearsal (diulang-ulang). Misalnya saja kita membaca Surah Al-Fatihah (bagi muslim) sampai diluar kepala, karena setiap sholat kita membacanya. Begitu juga dengan  materi, jika kita terus-menerus mengulangnya maka materi itu menjadi memori jangka panjang.
4.     Emotional (perasaan). Perasaan yang dimaksud adalah perasaan seseorang, baik perasaan bahagia, takut, beci, panic, terkejut, dan lainnya. Biasanya proses pembelajaran yang memiliki muatan emosional maka akan masuk memori jangka panjang.
5.   Survival. Bagaimana mengajar yang mengandung unsur bertahan dalam hidup. Masalah atau hambatan dalam hidup itu pasti. Namun bagaimana kita menyelesaikan masalah itu. Cara kita dalam menyelesaikan masalah tersebut yang akan menjadi memori jangka panjang.

Bagaimana Cara Menulis Momen Spesial?
Ada tiga tahapan menulis special momen. Tahapan tersebut adalah:
1.   Catat/ rekam,  kejadian momen special pada saat terjadi.
2.    Elaborasi, mencari data-data pendukung terhadap momen special. Data dapat berupa fakta, saat bertanya, atau kita menambahkan imajinasi.
3.    Menulis, menulis ini dapat dilakukan apabila data telah terkumpul, setelah itu kita dapat menuliskannya dalam bentuk artikel bebas.

Tips menulis momen spesial:

1.    Ketika muncul momen momen pesial kita tulis  rase/ kalimat dalam HP  malamnya  kita kembangkan jadi tulisan.
2.    Tulis secara bebas, kita  kita kesampingkan aturan- aturan ejaan bisa bentuk cerita, informasi   yang memudahkan kita
3.    Kembangkan menjadiBeberapa paragra dengan mengidentifikasi :
a) masalahnya apa,
b) cari tahu penyebabnya,
c) cari tahu tentang dampak jika masalah tidak selesai,
d ) dan hikmah kejian itu apa
4.    Lalu.kita edit pelan-pelan
5.    Cara memunculkan perasaan peka terhadap momen spesial dengan cara latihan setelah selesai mengajar 
6.    Bertanyalah kepada diri kita sendiri :
a. Adakah siswa yang tidak memperhatikan penjelasan kita ( kenapa)
b. Apakah ada siswa yang membantah kita ( kenapa), dengan memperhatikan negatif karakter lebih mudah.
7.    Jadilah guru dengan 3 peran :
a. Bisa menjadi guru yang memberikan ilmu,
b. Bisa menjadi orang tuanya, kita memberi nasehat,
c.  Bisa menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswa dengan memperhatikan waktu

Kegiatan dilanjutkan dengan Tanya jawab:

Komentar